20 September 2007

TUGAS GEREJA MENGUDUSKAN

Tugas Menguduskan (LITURGIA)
Doa dan ibadat merupakan salah satu tugas gereja untuk mengudukan umatnya dan umat manusia. Tugas ini disebut tugas Imaniah Gereja, yaitu Kristus, Tuhan, Imam Agung yang dipilih antara manusia mnejadikan umat baru. Oleh sebab itu gereja bertekun dalam doa, memuji Allah dan mempersembahkan diri sebagai korban yang hidup suci dan berkenan pada Allah.Gereja memiliki imamat umum dan imamat jabatan.

Imamat umum : tugas pengudusan, berdoa, menyambut sakramen, memberi kesaksian hidup.
Imamat Jabatan : Membentuk dan memmimpin umat, memberi pelayanan sakramen-sakaramen.

yang termasuk LITURGIA :


Doa : berbicara dengan Tuhab secara pribadi dan ungkapan iman secara pribadi.
  • Fungsi doa : Mengkomunikasikan diri kita Kepada Allah, mempersatukan diri kita kepada Tuhan, mengungkapkan kepercayaan terhadap Tuhan, mengangkat setiap karya kita mnejadi karya yang bersifat apostolis dan merasul.
  • Syarat doa yang baik : didoakan dengan hati, berakar dan bertolak dari pengalaman hidup, diucapakan dengan rendah hati.
  • Doa resmi gereja disebut IBADAT / LITURGI
Sakramen : merupakan liturgi dalam arti yagn paling penuh, yaitu sebagai lambang/simbol adalah melambangkan dan mengungkapakan karya penyelamatan Allah dan pengalaman dasariah manusia yang terselamatkan. Sakramen mengungkapkan karya tuhan yang menyelamatkan. Sakramen juga meningkatkan dan menjamin mutu hidup kita sebagai orang Kristiani.

7 Sakramen :
  • Sakaramen Baptis : sakramen yang menyatakan seseorang resmi menjadi anggota gerejadan memulai babak baru dalam kehidupan dengan Kristus yang menjiwai dia melalui Roh-Nya, maka segala pelanggaran dan dosa yang telah diperbuatnya dihapus.
  • Sakramen Krisma : menjadi tanda kedewasaan seseorang yang turut serta bertanggungjawab ataas kehidupan umat Allah dan diutus untuk memperjuangkan cita-cita Kristus dalam Gereja dan Masyarakat.
  • Sakramen Tobat : Sakramen yang menyatakan penesalan dan mohon ampun seseorang atas dosa-dosanya serta berjanji akan memperbaiki dan memperbaharui diri.
  • Sakramen Ekaristi : Sakramen yang merupakan tanda kesatuan kita dengan Allah, yang dinyatakan dalam hosti suci yang kita ambut setiap perayaan Ekaristi.
  • Sakramen Perminyakan Orang Sakit : Sakramen yang diberikan pada seseorang yagn sakit keras dan menghadapi maut dengan Roh Kudus yang ditandakan dengan minyak, agar penderitaannya menjadi lebih serupa denga Kristus.
  • Sakramen Pernikahan : Sakramen yang menyatukan 2 cinta berdasarkan Kristus dan berlangsung seumur hidup serta mengandung panggilan luhur untuk membina keluarga sebagai tanda kasih setia Allah bagi setiap insan. Allah sendiri menjadi penjamin kesetiaan, jadi apa yang disatukan Allah tidak boleh diceraikan manusia.
  • Sakramen Imamat : Sakramen yang mengesahkan dan melantik para pelayan umat untuk menjadi pewarta sabda Allah dan pewarta Keselamatan bagi umat manusia.
Sakramentali : tanda-tanda suci yang berupa pemberkatan, yakni pemberkatan orang, benda, atau barang rohani.

Devosi adalah bentuk penghormatan kebaktian khusus orang atau umat beriman kepada rahasia kehidupan Yesus yang tertentu yang bertujuan untuk semakin menguatkan iman kita kepada Allah dalm diri Yesus Kristus.

1 comment:

flash games said...

Ini blog lengkap abis!!!